Alternatif Segar Berolah Raga Pagi di Mataram

 Olahraga merupakan kebutuhan bagi setiap tubuh. Salah satu cara bersyukur diberikan amanah tubuh. Penyakit semakin beragam mengancam, cuaca semakin tidak menentu, udara mulai tercemar, tekanan dan pikiran serta ragam jenis makanan tidak sehat bisa dijadikan alasan untuk terus olahraga. 

Banyak penyakit yang menjangkit bahkan di usia yang sangat muda. Pola hidup dan pola makan menjadi kunci utama selain juga kelola pikiran dan emosi menjadi faktor yang tak kalah penting. Tubuh butuh istirahat, pikiran pun butuh relaks. Selain itu, berolahraga membuat peredaran darah lancar dan metabolisme tubuh membaik sehingga berpengaruh kepada imunitas tubuh untuk melawan penyakit yang timbul karena pola hidup yang buruk. Tubuh yang sehat berpengaruh pada jiwa yang sehat pula. 

Oleh karena itu, jangan sepelekan berolahraga ya. Olahraga bisa dilakukan sendiri sekaligus sebagai cara me time seseorang, tapi juga bisa dilakukan bersama-sama teman agar menjadi lebih menyenangkan. Kini, banyak juga komunitas olahraga yang makin menambah semangat bagi yang suka berolahraga secara bersama-sama. Carilah cara untuk tetap bisa konsisten dan besemangat berolahraga. 

Mencoba olahraga baru juga menjadi salah satu cara untuk tetap konsisten dan menjaga semangat berolagraga. Mencoba sesuatu yang baru, menemukan semangat baru juga bertemu orang baru adalah cara untuk tetap bisa semangat olahraga.

Bukan hanya olaharaga baru yang dicoba, tapi tempat berbeda saat berolahraga juga bisa menjadi cara menambah semangat dan mengurangi bosan saat berolahraga. Suasana baru membuat pikiran pun menjadi lebih segar. Tidak perlu jauh, kini di dalam kota pun sudah banyak tempat yang bisa dijadikan pilihan seperti di Mataram. 

 Mataram sekarang sudah menjadi tempat yang penuh sesak dan membuat penat beberapa tahun terkakhir ini. Kendaraan memenuhi seluruh jalanan kota yang membuat perjalanan menjadi semakin lambat di jam-jam tertentu. Untuk memenuhi kebutuhan tempat berkumpul masyarakat, pemerintah kota setempat memperbaiki beberapa tempat untuk nyaman dijadikan tempat melepas penat dengan taman dan ruang terbuka hijau. 

Berikut beberapa pilihan tempat yang bisa dijadikan alternatif untuk berolahraga sendiri maupun bersama teman.

1. Teras Udayana

Setiap minggu pagi, car free day diadakan di Jalan Udayana. Selain jalannya yang panjang, di samping kanan dan kiri tempat ini masih banyak pepohonan. Cocok digunakan untuk jogging atau jalan pagi dengan trek jalan paving yang panjang. 

Perbaikan dilakukan di jalanan ini. Ada sebuah taman direnovasi dibuat menjadi tanah lapang yang lebih luas dengan tulisan Teras Udayana besar. Disediakan pula tempat bermain anak di area yang lain. Sepanjang jalan udayana ini bisa dimanfaatkan untuk aktifitas masyarakat melakukan melepas penat bersama teman dan keluarga. 

Taman menjadi ramai ketika sore penjaja makanan kecil dan mainan anak-anak murah datang untuk memenuhi area ini. Hingga malam, tempat ini menjadi tempat yang cukup ramai. Letaknya yang mudah diakses membuat banyak orang suka datang ke tempat ini. 

sumber: google

sumber: google



2. Taman Sangkareang

Taman yang terletak di depan Hotel Santika Lombok ini persis ada di sebelah Kantor Walikota Mataram. Taman yang ada di pusat kota Mataram yang sering dijadikan untuk upacara maupun kegiatan pemerintahan. Saat sedang tidak digunakan untuk kegiatan pemerintahan, tempat ini bisa dijadikan alternatif untuk melepas penat. 

Banyak yang melakukan aktifitas olahraga bersama disaat tidak ada kegiatan. Sore menjadi waktu yang banyak dikunjungi karena pagi terasa lebih terik karena tidak banyak pepohonan. Pepohonan hanya ada di pinggiran. Bukan hanya yang olahraga mandiri, disini juga ada workout bersama instruktur yang terjadwal. Kalian bisa datang sesekali untuk bisa melihat aktifitas disini dan pilih aktifitas yang kalian sukai. 

Dilengkapi dengan perpustakaan dan tempat bermain anak, taman ini menjadi semakin ramai dikunjungi. Lapangan basket pun sudah tersedia sejak lama disini. Taman ini semakin tidak pernah sepi dari pengunjung, apalagi sore hingga makan dijadikan sebagai tempat hiburan masyarakat dengan berbagai permainan anak dan penjaja makanan.

Tidak perlu khawatir mencari tempat makan, disini banyak pilihan jajanan dan makanan dengan harga terjangkau mulai dari pagi hari hingga malam. 

Sumber: foto google

Sumber: foto google

sumber: foto google


3. Hutan Kota. Ruang Terbuka Hijau

Tempat ini baru-baru menjadi sorotan. Sebelumnya tidak terlalu dikenal karena selain letaknya yang ada di pinggiran kota, tapi juga kurang terawat. Pepohonan tinggi dan rindang, rumput yang tinggi juga terlihat tidak terawat karena dibiarkan kotor membuat tempat ini terlihat sepi dan menyeramkan. Namun, bagi yang suka jauh dari keramaian, tempat ini sangat cocok. 

Aktifitas hanya dilakukan oleh penduduk sekitar dan digunakan sebagai tempat olahraga sekolah yang ada tepat di sampingnya. Sebagai bumi perkemahan, tempat ini sudah lama ada dan digunakan untuk berkemah, tapi hanya di tempat-tempat tertentu saja yang digunakan. 

Namun, kini perbaikan dilakukan di tempat ini. Petugas kebersihan setiap pagi sudah membuat tempat ini menjadi bersih. Ada tempat bermain anak sederhana, kamar mandi umum disediakan, musholla difungsikan dan ada sebuah pendopo besar yang sekarang seringd digunakan untuk beberapa kegiatan masyarakat maupun pramuka. 

Banyak yang berolahraga pagi disini. Tempatnya yang cukup luas membuat tidak terasa ramai meski banyak orang yang beraktifitas disini. Banyak pilihan tempat yang bisa dimanfaatkan. Bagi yang tidak suka keramaian, tempat ini cocok.

sumber: dokumen pribadi

sumber: dokumen pribadi

sumber: dokumen pribadi


4. Pantai Loang Baloq

Pantai yang terletak di daerah Ampenan ini sudah lama ada. Dinamakan Pantai Loang Baloq karena di depan pantai ini terdapat makam yang sering dikunjungi untuk ziarah. Sehingga pantai ini biasanya menjadi tujuan istirahat setelah berkunjung ke makam di depannya. 

Banyak yang datang untuk menikmati senja disini. Sudah banyak orang yang suka berkunjung ke sini, tapi sayangnya pantai ini agak kotor karena banyak yang buang sampah sembarangan. Padahal, pantai ini dibuat untuk orang-orang bisa bersantai. Disediakan banyak berugak, kolam buatan di tengahnya yang juga bisa digunakan untuk main becak air.

Kini, Pantai Loang Baloq dibuat menjadi lebih luas dan lebih rapi dengan beberapa foodcourt yang ada disana. Tempat berolah raga pun menjadi makin luas meski harus siap dengan panasnya pantulan air laut. Bagi yang suka dengan suasana pantai, tempat ini cocok untuk melepas penat sambil berolahraga. 

Sehat jiwa raga dengan terus bergerak.

sumber: foto google (tampak depan)

sumber: foto google

sumber: foto google

5. Kompleks Perumahan

Tempat ini memang paling mudah dan murah untuk melakukan aktifitas olagraga. Bersama tetangga mempererat tali silaturohim dengan senam bersama ataupun jalan pagi selepas Sholat Subuh. Kalau bosan, tinggal berjalan lebih jauh sampai kompleks sebalah :)



Comments