Hutan Kota, Ruang Terbuka Hijau di Pinggir Kota Mataram

Tinggal di lingkungan perkotaan tentu jenuh melihat kendaraan dan bangunan yang lalu lalang. Setiap hari rasanya penat dan sesak. Ruang terbuka menjadi salah satu tempat yang sangat dibutuhkan masyarakat perkotaan. 

Hal inilah yang sekarang sedang banyak digalakkan oleh pemerintah kota. Membuat ruang terbuka dan taman kota untuk mengurai kepenatan dan kejenuhan. Meski Mataram bukan kota yang sepadat di Pulau Jawa, tapi banyaknya pendatang membuat kota ini menjadi semakin padat. 

Kini, Taman Sangkareang dan Udayana menjadi dua tempat yang sudah sejak lama digunakan masyarakat sebagai tempat melepas penat. Jalan Udayana menjadi satu-satunya taman yang cukup luas dan memiliki banyak pohon untuk berteduh. 

Kini, sudah ada tempat yang bisa menjadi alternatif menikmati udara yang sejuk di tempat yang lapang. 

Hutan Kota yang ada di derah Petemon, pinggir kota Mataram menjadi tujuan banyak orang untuk menepi dari hiruk pikuk kota. Sebelumnya tempat ini kurang diketahui banyak orang. Hanya digunakan sebagai bumi perkemahan dan pelatihan pramuka. 

Kini, banyak kegiatan yang sudah dilakukan disini. Ada yang bersepeda, berolahraga, sekedar mengajak anaknya bermain dan ada juga yang menyewa untuk kegiatan-kegiatan mereka. Bahkan tidak jarang yang mengambil foto dengan fotografer. 

Sekarang, tempat yang sudah ada dibuat tulisan Hutan Kota di jalan masuknya. Banyak orang mengenalnya dengan RTH (Ruang Terbuka Hijau). Pembangunan sedang dilakukan disini untuk bisa menjadi lebih nyaman dimanfaatkan masyarakat. Jalanan yang rusak diperbaiki dengan paving block baru. Rumput dirapikan, musholla dan kamar mandi umum dibuat menjadi lebih layak. Dibuat banyak tempat untuk duduk, dibuat banyak spot persinggahan bahkan bisa digunakan untuk kegiatan-kegiatan. 

Berikut beberapa foto yang saya ambil saat disana. Saya sering memanfaatkannya untuk sekedar berjalan bersama teman-teman. Berusaha untuk tetap olah raga ditengah kebosanan rutinitas.

Paving jalannya dibuat berwarna-warni

Musholla masih proses perbaikan karena sebelumnya tidak terawat.

Masih ada jalan yang kurang terawat di beberapa bagian 

Bagian ini juga masih belum terawat.

Spot tempat duduk baru yang dibuat. Bagian ini sedang banyak perbaikan

Sejuknya membuat betah berlama-lama

Tempat khusus untuk lomba suara burung

Sejauh mata memandang, akan terlihat menenangkan dengan hijau yang mendominasi

Ada tempat untuk anak-anak bermain dan belajar sensori

tempat ini tetap bersih, selalu ada petugas kebersihan yang membuat tempat ini selalu dalam keadaan bersih 

Pendopo  besar itu sering dijadikan tempat kegiatan 

kamar mandi yang semakin layak di dekat parkiran

penampakan dari parkiran

semakin instagramable 

musholla lama di dekar parkiran yang sudah tak terpakai. kini, disana sudah ada yang berjualan juga loh. 


Tempat ini ramai di sore hari. Banyak yang berjualan dan banyak yang datang untuk berjalan-jalan. Pagi masih cukup sepi dan tenang untuk yang suka ketenangan sepertiku. 

_Cerita Venti_





Comments