Kebiasaan

Ada beberapa tipe orang yang mempunyai kebiasaaan yang tidak disadari membuat orang lain tidak nyaman. Kadang dia melakukannya tanpa sengaja karena sudah menjadi kebiasaan. Oleh karena itulah membiasakan hal baik dari kecil itu sangat perlu agar tidak menjadi kebiasaan buruk yang tak disadari saat dewasa kelak.

Ada sebagian orang yang terbiasa melihat sesuatu dari sisi negatif. Ingin lebih dari teman, sifat tangan di bawah dan tidak amanah terhadap benda titipan itu menurut saya sudah menjadi sifat ketika itu dianggap terbiasa. Saya selalu merasa bersyukur hidup di keluarga yang selalu mengingatkan tentang bagaimana memperlakukan benda milik orang lain dan sekecil apapun harus dikembalikan saat akadnya meminjam. Bahkan, pada saudara pun harus melakukan hal itu agar tidak menjadi kebiasaan.

Sering terjadi seorang anak main ke rumah temannya, kemudian saat pulang ia merengek membawa mainan temannya karena masih asik bermain. Saya adalah tipe yang tidak suka anak membawa mainan temannya. Bahkan saat si Mbak sudah bisa main sendiri dan mainan temannya dibawa pulang, saya selalu meminta untuk mengembalikannya. Memilih membelikannya mainan atau melihatnya menangis daripada menurutinya. Hal kecil seperti itu akan berdampak saat ia dewasa kelak. Saya telah membuktikan bagaimana orang tua saya mengajarkan untuk amanah dan jangan sampai ada barang orang yang berada di rumah kami. Setiap barang milik orang lain sesegera mungkin kami mengembalikannya.

Tidak hanya itu, membiasakan mereka melihat sesuatu dari segala sudut pandang dan bijak menyikapi setiap peristiwa harus diajarkan dari kecil. Saya selalu berusaha tidak menuruti emosi ketika harus menjelaskan pada anak-anak tentang satu peristiwa. Setiap peristiwa pasti ada hikmah. Berusaha untuk melihat segalanya dari hikmah, memilah mana yang baik dan mana yang tidak, mempelajari segala sesuatu untuk diambil kebaikannya itu adalah bagian dari mendidik dan self reminder. Mereka, buah hati yang selalu membuat kami, orang tuanya, berusaha untuk belajar menjadi lebih baik dan introspeksi.

Melihat ada tipe orang yang sering tidak percaya pada orang lain, seketika meremehkan orang lain membuat saya sadar kalau itupun salah satu kebiasaan yang sudah menjadi sifat hingga tidak disadari kalau itu tidak benar. Ucapan spontan yang menyakitkan itu tak pernah bisa dikendalikan disaat tertentu.

Benar ternyata memiliki buah hati membuat kita menjadi tersadar banyak sekali hal yang bisa dipelajari. Mendidik berarti memberi teladan dan terus belajar menjadi lebih baik. MasyaaAllah....

Terimakasih Ya Allah sudah memberikan kami kesempatan untuk belajar menjadi lebih baik. Meski memang tidak sempurna, tapi paling tidak diberikan keterbukaan hati untuk introspeksi dan menyadari kesalahan dan memperbaiki adalah sebuah hidayah yang tak semua orang punya. Sejak menjadi orang tua dan tinggal di rumah sendiri, membuat saya menajadi banyak waktu untuk mengamati sekitar dan introspeksi diri.

Semangat belajar menjadi lebih baik emak-emak pendamping generasi hebat :D

Comments