Ringkasan Belajar Parentalk Bersama dr. Aisyah Dahlan, Membersamai Anak Menjadi Tangguh itu Bisa

Siapa sih yang tidak kenal praktisi Neuro parenting skill yang satu ini?

Beliau mengenalkan kepada banyak orang tentang betapa luar biasanya otak manusia yang Allah SWT sudah berikan sebagai pusat koordinasi yang memiliki peran sangat penting di tubuh kita sehingga perlu dipelajari untuk membersamai anak-anak dalam masa tumbuh kembangnya sebagai pertanggungjawaban atas amanah yang Allah SWT berikan kelak.

Bu Isa, begitu beliau dipanggil, membuat banyak orang terpukau dengan pemaparan beliau tentang bagaimana otak itu bekerja yang bisa kita jadikan pegangan untuk membersamai anak sehingga bisa menyampaikan pesan dengan lebih efektif.

Bu Isa mengisi acara di hari Sabtu dan Ahad di dua tempat yang berbeda. Saya memilih mengikuti parentalk beliau di hari Sabtu, 29 Juli 2023 di Gedung Al Ihsan yang diselenggarakan oleh Yayasan Pesantren Alam Sayang Ibu. Parentalk kali ini mengusung tema 'Mengubah Generasi Rapuh menjadi Generasi Tangguh".

Acara dijadwalkan mulai pukul 7.30 WITA - 12.00 WITA. Saya pun sudah datang pukul 08.00 WITA karena tidak mau terlambat dan ketinggalan materi, ternyata naru sedikit yang datang. Acara dimulai di pukul 09.15 WITA. Mungkin karena mayoritas yang diundang orang tua dan sebagian besar yang datang adalah ibu-ibu, jadi mereka harus menyelesaikan domestik dan kewajiban di rumah terlebih dahulu sebelum datang ke majelis ilmu. 

Meski demikian, tidak mengurangi semangat kami untuk menimba ilmu dari seorang yang sangat terkenal dan diidolakan banyak orang tua untuk bisa belajar langsung bersama beliau. 

Pada kesempatan kali ini Bu Isa membawa rombongan orang dewasa yang memainkan alat musik dan bernyanyi. Awalnya kami sedikit bingung karena tumben acara seperti ini ada seperti band yang ada di atas panggung berbagi tempat dengan kursi pemateri di atas panggung. Biasanya, kalaupun ada hiburan pengiring, diletakkan di bawah panggung dan jarang kegiatan seminar dan parenting ada musik pengiring. 

Ternyata mereka adalah orang-orang yang berhasil lolos dari jeratan narkoba. Bu Isa membawa mereka serta untuk bisa berbagi pengalaman dengan orang tua lain agar anak, keluarga ataupun lingkungannya tidak sampai terkena narkoba seperti mereka. Bu Isa sudah 25 tahun berkecimpung membantu para pecandu untuk bisa bangkit dari ketergantungan obat terlarang menuju sebuah harapan yang lebih baik untuk menggapai cita dan asa mereka. 

Parentalk ini dibuka dengan cerita Bu Isa tentang adiknya, Bapak Sahril Dahlan yang pernah terkena jeratan narkoba juga. Saat itulah Bu Isa kemudian belajar banyak tentang bagaimana melepaskan adiknya dari ketergantungan obat terlarang itu dan mempelajari seluk beluknya hingga beliau menjadi pendamping orang-orang yang direhabilitasi akibat kecanduan Narkoba. Banyak hikmah yang bisa diambil dari peristiwa pahit yang pernah menimpa keluarganya yang membuatnya bisa sampai di titik ini. 

Beliau ingin memberi pesan bahwa

seberat apapun masalah hidupmu, yakinlah kalau Allah SWT sedang menyiapkan hadiah indah ketika kita dengan ikhlas dan sabar menghadapinya. Ada jalan indah yang jauh lebih baik ketika kita mau menyusuri jalan gelap berbatu, terjal dan menyakitkan ketika terjatuh. Saat kita menerima takdirnya dan berusaha terus bangkit ketika jatuh dan terluka, saat itulah Allah SWT membuka jalan untuk lebih banyak kebaikan untuk kita. 


Bu Isa ingin memberikan contoh nyata bahwa orang-orang di sekitarnya pernah menjadi generasi rapuh dan sudah berubah menjadi generasi yang tangguh. 

Apa smaksudnya RAPUH???

Menurut KBBI, Rapuh berarti sudah rusak, lemah dan tidak tetap pendirian.


Lalu apa itu  TANGGUH??

Tangguh adalah kuat, sukar dikalahkan dan menunda

Dari asal kata tangguh ini, kita bisa mengambil sebuah hikmah bahwa kuat itu bukan harus tergesa-gesa. Ada kalanya kuat itu menunggu waktu yang tepat, sabar untuk bisa sampai tujuan dan mungkin pernah salah dan jatuh, tapi masih mau bangkit untuk mencapai tujuan. 

Begitulah yang dirasakan oleh keluarga Bu Isa ketika orang terdekatnya menjadi pecandu narkotika sehingga mereka berusaha untuk bersama-sama menyelamatkan keluarganya dari kerusakan dan keterpurukan.

Tubuh kita tumbuh dan berkembang dipengaruhi oleh lingkungan sekitar dari kanak-kanak hingga dewasa. Kita tidak bisa memungkiri hal itu, sehingga kita harus memiliki pendirian yang kuat agar tidak menjadi orang yang labil atau tidak memiliki pendirian. Tujuan hidup yang jelas menjadi kunci untuk tetap bisa tangguh menghadapi berbagi gempuran ujian dan masalah seiring perjalanan hidup.

Hal itu berkaitan dengan benda yang ada di dalam kepala manusia yang Allah SWT berikan sebagai pusat koordinasi yaitu OTAK.

OTAK

Bu Isa menjelaskan kalau ilmu otak terus berkembang hingga saat ini dengan ditemukannya CT Scan, MRI dan sejenisnya. Itulah yang membuat banyak penelitian tentang otak yang hasilnya sekarang banyak disampaikan untuk kebutuhan manusia. IImu otak mulai diteliti pada tahun 2006.

Otak manusia terdiri dari Otak Besar, otak kecil dan batang otak. Otak besar dibagi lagi menjadi dua yaitu otak kanan dan otak kiri. 
sumber: alodokter (google)





Hebatnya ciptaan Allah SWT, menurut penelitian,  1 neuron sama dengan 1 komputer tercanggih di zamannya.

Mengapa???

Setiap manusia hidup di zaman yang berbeda-beda seiring perkembangan peradaban situasi dan kondisi lingkungan. Manusia yang hidup di zaman dahulu tentu saja memiliki kecerdasan yang berbeda dengan manusia yang hidup di zaman sekarang. Banyak hal telah berubah, sehingga Allah SWT pun memberikan kemampuan manusia melalui otak untuk menjadi komputer tercanggih di zamannya.

Contohnya, orang-orang yang hidup di era tahun 60-70 an, mereka tidak pandai menggunakan perangkat alat elektronik seperti sekarang. Namun, mereka lebih mahir untuk memanfaatkan apapun yang ada di alam sekitar karena mereka masih menggunakan cara konvensional untuk bertahan hidup. 

Sedangkan generasi yang hidup di tahun 90 - 2000an, akan lebih mahir mengooperasikan berbagai macam alat elektronik, tapi tidak mahir dalam mengelola alam sekitarnya untuk bertahan hidup karena kemudahan yang didapatkannya dari alat elektronik. Mereka lebih memilih membuat alat yang bisa membantu mereka mengelola alam sekitar dibanding menggunakan tenaga otot mereka. 

Beda generasi, beda lingkungan hidup, beda teman, beda pula cara bertahan hidup dan beda pula definisi tangguh. Orang dulu mungkin tidak pelu gadget dan masih bisa bertahan hidup dengan bahagia, sedangkan orang yang hidup di zaman sekarang kalau tidak canggih mengoperasikan alat elektronik maka akan tertinggal.

Allah SWT sudah menciptakan otak untuk bisa berkembang dan bertumbuh sesuai zamannya. MasyaaAllah

Otak anak zaman sekarang adalah otak digital yang cepat menyambung data, cepat dan cakap akses data juga dapat mengintegrasikannya sehingga menjadi otak yang kreatif.

Otak ini sama dengan perangkat komputer yang kecil dan kompleks. Namun, lemahnya adalah mudah terbentur dan rapuh.

Inilah tantangan orang tua yang membersamai anak-anak untuk bisa menjadi generasi yang canggih dan  tangguh di zamannya. Peran orang tua untuk menguatkan imannya sehingga bukan hanya canggih otak, tapi juga memiliki keteguhan iman dengan adab dan akhlaq Qur'ani yang kelak bisa membawa mereka menjadi manusia yang berkarakter dan generasi peradaban yang beriman dan tangguh. 

NEURON


Di dalam otak terdapat sel syaraf yang disebut dengan neuron.

sumber: google image

Neuron-neuron dalam otak saling bersambungan. 1 neuron bisa membuat kurang lebih 20.000 sambungan.

Koneksi neuron ada di Synapse. 

Sambungan neuron merupakan hal yang terakam di dalam otak manusia. 




Antar neuron terdapat neurotransmitter yang merupakan zat kimia yang ada di Sinapse. Neurotransmitter ada 100 jenis yang terdiri dari positif dan negatif.

Pelepasan neurotransmitter ditentukan oleh 3 hal yaitu
- nutrisi
- kondisi
- emosi


Nutrisi yang dibutuhkan tidak hanya nutrisi yang baik tapi juga cara mendapatkannya pun harus baik. Dalam Islam disebut dengan Halal dan Thoyyib. 
Hal itu sangat berpengaruh pada tubuh untuk menghasilkan sesuatu yang baik. 

Menurut penelitian, orang yang hidup 100 tahun pun meski rajin menuntut ilmu hanya 70% neuron yang tersambung dari seluruh neuron di otaknya yang Allah SWT berikan. Luar biasa bukan kapasitas otak manusia sebenarnya???

Lalu, apakah sudah tahu bedanya PINTAR dengan CERDAS pada otak manusia?

PINTAR adalah ketika sambungan neuron yang berulang sehingga menjadi tebal.

CERDAS adalah ketika cepat menyambungkan neuron satu dengan yang lain. Biasanya berhubungan dengan hal baru yang mudah dimengerti. 

Mana yang lebih baik? Keduanya baik dan keduanya sangat kita harapkan ada padan putra-putri kita untuk menjadi generasi yang menakhlukkan peradaban untuk menjadi pemimpin kelak. 

Apa yang dilihat, didengar dan dirasakan oleh tubuh akan direkam oleh otak melalui sistem syaraf. Sistem syaraf itu seperti kabel listrik yang ada di seluruh tubuh manusia yang mulai aktif ketika janin masih dalam kandungan. Itulah mengapa bayi bisa mengenali suara orang tuanya karena sejak dalam kandunga sudah sering mendengarnya.

Berhati-hatilah dalam setiap perbuatan sebab memori yang direkam oleh otak takkan bisa hilang. Ia hanya bisa melonggarkan sambungan, tapi tidak melepaskan sambungan neuronnya. Apapun yang sudah terekam selalu teringat sampai kapanpun meski mungkin tidak jelas. 

Itulah mengapa dalam membersamai anak-anak, orang tua perlu mengajarkan anak-anak untuk tidak gengsi meminta maaf. Bahkan, ketika orang tua salah pun harus meminta maaf pada anak. Namun, hati-hati dengan kalimat permintaan maaf seperti ini

"Ibu minta maaf ya, Nak." ( kalimat 1)

atau

"Maafin Ibu ya, Nak." (kalimat 2)

Kedua kalimat tersebut terlihat hampir sama, Bukan? tapi sebenarnya keduanya memiliki sudut pandang yang berbeda. 

Kalimat 1 merupakan kalimat aktif. Seorang ibu meminta maaf kepada anaknya yang berarti mengakui kesalahan dan berusaha akan memperbaiki. 

Kalimat 2 merupakan kalimat pasif. Ibu membuat anaknya yang memaafkannya, ada sedikit memaksa untuk memaafkan dan seperti tidak mau merendahkan diri dan memberi jarak pada anak untuk tetap meninggikan diri. 

Mungkin ini terlihat sepele, tapi nyatanya memberi dampak yang besar bagi tubuh sebab Allah SWT sudah menciptakan tubuh kita dengan begitu sempurna dengan segala fungsinya yang sangat kompleks. Sebuah afirmasi positif akan membawa kebaikan bagi seluruh tubuh sedangkan sebailknya, bila diberi stimulasi negatif, makan akan berdampak tidak baik pula bagi tubuh. 

Seperti misalnya ketika tubuh bereaksi marah pada suatu peristiwa. Marah membuat batang otak menjadi tegang sehingga tidak akan bisa menerima pesan apapun. Itulah mengapa ketika marah kita diajarkan oleh Rosulullah saw untuk bergerak mengubah posisi tubuh. Begitu pula ketika anak sedang marah, jangan diajak bicara, tapi duduklah dengan diam di sampingnya. Tunggu sampai dia reda marahnya, tunggu sampai dia siap bercerita barulah dengarkan. Jangan paksa memberi masukan, jangan paksa menasehati ketika sedang marah karena akan sia-sia.

Satu hal yang perlu orang tua ingat adalah adanya Mirror Neuron atau Neuron cermin pada anak yang berfungsi mengamati perilaku orang lain, merekamnya kemudian mengaplikasikannya dengan melakukannya sendiri bahkan dianggap sebagai nilai diri. 

Mirror neuron ini ada sejak anak lahir. Oleh karena itu, anak-anak banyak meniru perilaku orang-orang terdekatnya. Itulah mengapa orang tua harus benar-benar berhati-hati dalam bertindak agar apa yang ditiru oleh anak adalah yang baik dan selalu berusaha untuk menjaga lingkungan untuk kebaikan anak-anak dalam masa pertumbuhannya. 

Selain itu, bayi 0-2 tahun sebaiknya dijauhkan dari segala macam gadget. Mengapa? Selain radiasi, itu akan membuat memori otak yang mendalam tentang gadget. Jadilah orang tua yang dibutuhkan oleh anak-anak yang tak tergantikan oleh barang apapun.

Lobus Frontalis

sumber: google image


Bagian otak di bagian depan inilah yang bisa diisi oleh orang tua dengan nasehat, bimbingan dan ilmu-ilmu. Sedangkan bagian belakang sudah terdapat data yang Allah SWT berikan. 

Setiap anak itu istimewa dan sudah membawa fitrah dari Allah SWT. Mereka memiliki 2 jenis watak dan memiliki bakat yang sudah Allah SWT berikan padanya. Ada 8 -9 jenis bakat manusia yang bisa kita amati apa yang menonjol dari anak kita. 

Pilihan anak itu berhubungan dengan minat sedangkan bakat itu biasanya berhubungan dengan kecerdasan anak terjadap sesuatu. 

Otak depan ini diisi dengan cara mengembangan minat dan bakatnya. 

Pre frontal cortex merupakan tempatnya akal. Disinilah bisa diisi dengan tuntunan hidup, prinsip hidup, pengetahuan dan sejenisnya. Orang tua dapat berperan membantu anak untuk mengisinya dengan mengkaji apa yang Allah SWT mau dengan membentuk memori prinsip-prinsip yang Allah SWT mau. 

Seorang ahli bernama DR. Andrew Armour dari Montreal Canda pada tahun 1991 menemuman adanya sambungan neuron di Jantung. 

Imam Al Ghazali pada tahun 1110 M pernah mengutarakan tentang titik Qolbu yang merupakan suara Tuhan. 

Qolbu yang dimaksud adalah jantungnya manusia.

Pada tahun 1996 Institute of Hearth Mark menemukan bahwa di belakang jantung ada suara Tuhan dalam bentuk sambungan tipis. 

Mengaji atau membaca Al Qur'an akan membuat sambungan di otak dan di Qolbu semakin tebal. Itulah mengapa setiap membaca Al Qur'an, selalu ada ketenangan dan ketentraman. Allah SWT sudah memberikan memori ayat Al Qur'a di setiap Qolbu manusia. 


Kelenjar Pituitary



Kelenjar Pituitary merupakan sebuah kelenjar yang menghasilkan Hormon cinta, bahagia, rasa nyaman dan kasih sayang.


sumber: google image

Kelenjar ini ada di pertemuan 2 alis yang terlindung. Kelenjar ini menghasilkan domapin, endorfin, oxytosin dan serotonin. 

Kelenjar ini akan bekerja ketika manusia tersenyum minimal 7 detik. Kelenjar ini akan meningkat juga dengan aktifitas manusia seperti bergerak, tertawa, beribadah, bernyanyi, bermain, dipuji, dibelai, ditemani, dilayani, diberi hadiah dan sebagainya. 

Otak Tengah

sumber: google image


Otak tengah laki-laki tebal, sedangkan perempuan tipis. Apa dampaknya? Inilah yang menyebabkan laki-laki yang sedang fokus pada sesuatu, pada sepuluh menit berikutnya akan meningkatkan fokus sehingga pendengaran menurun

Hypotallamus ini ada di atas kelenjar pituitery.
Pada laki-laki dan perempuan ada perbedaan yaitu laki-laki 2x lebih lebar dari perempuan.

Hypotallamus berfungsi untuk:

- pusat menjaga kemanan
- pusat makan dan minum
- pusat tidur
- pusat syahwat/birahi


_Catatan Belajar Venti_



Comments