Resume ZOom Better Me by Teh Dara : Menjadi Pribadi yang Punya Langkah dan Tujuan Hidup




Komunitas Spirit nabawiyah Community kembali menghadirkan sebuah acara online yang keren. Kali ini bertepatan dengan bulan Ramadhan, saatnya untuk bersama muhasabah diri menemukan kembali tujuan hidup sehingga menjadi manusia yang bermanfaat. 

Pada sesi zoom yang akan diselenggarakan selama 3 x pada hari Sabtu berturut-turut selama 3 minggu, sesi pertama diisi oleh Teh Dara Dharmayanti yang merupakan seorang leader SNC, content creator dan siroh influencer. Pembahasan kali ini benar-benar memukau yaitu tentang menyadari anugerah Allah SWT untuk kita dalam bentuk kekuatan diri yang patut kita syukuri sehingga bisa menjadi sarana ibadah menebar kemanfaatan. MasayaaAllah....

Berikut ringkasan singkat dari apa yang saya dengar ya, teman-teman...

Belajar dari kisah sahabat Rosulullah saw yang di usia belasan tahun sudah memiliki prestasi yang luar biasa dengan memberikan dampak yang besar untuk ummat dan tak lelah untuk menjadi lebih baik. Setiap mereka memiliki kontribusi yang nyata dan kekuatan yang bisa mereka gunakan untuk bekal 


> Mengenal Diri, Menemukan Purpose of Life memaknai Mission of Life

  • Mencari tahu mengapa kita dilahirkan, untuk apa kita dilahirkan. Kalau kita tahu keutamaan Ramadhan, maka kita akan mencari amalan sebanyak-banyaknya. Ibadah itu tidak terbatas sholat dan dzikir tapi juga bermanfaat dan berbagi dengan sesama makhluk juga melestarikan lingkungan dan menjaga bumi.

Gerak yang bisa kita lakukan itu disesuaikan dengan apa kekuatan diri kita. 

  • Kenali kekuatan diri kita dengan sisihkan waktu untuk mengetahui kekuatan diri kita. Mulai dengan alhamdulillah... coba tuliskan apa saja kekuatan yang kita ketahui tentang kekuatan diri kita. 

  • Tuliskan di kertas yang bisa kita lihat tentang kekuatan diri kita. Buat list tentang apa yang bisa kita lakukan. Ini penting karena akan membuat kita menjadi lebih bersyukur atas apa yang Allah anugerahkan ke kita. Memanfaatkan kelebihan itu untuk beribadah dan meninggalkan jejak kebaikan kelak ketika kita sudah meninggal. 

  • Setelah menuliskan di kertas, buat Blue Print Purpose. Tujuan kita menggunakan kekuatan diri kita untuk kebaikan dan kebermanfaatan. Semua bisa melakukan kebaikan dengan kekuatannya. Kuncinya adalah jangan berhenti belajar. Mencari ilmu untuk bisa menjadi lebih baik, mengasah kemampuan diri kita dengan terus belajar dan bergerak. 

Cara lain adalah dengan mengikuti komunitas-komunitas dan kajian yang membuat energi postif terus mengalir. Mencari teman yang sholih adalah cara ampuh untuk meluaskan kebermanfaatan diri. 

  • Buatlah target untuk membuat diri menjadi semakin semangat. Kalau hanya bergerak mengikuti kebiasaan, gerak kita akan kurang maksimal. Coba untuk memperbaiki terus menerus karena tidak ada yang sempurna. Tentu saja ini adalah bagian dari iman kepada Allah SWT. Yakin padaNya, ikhtiar maksimal dan tawakkal adalah formulasi yang bisa kita gunakan untuk semangat bergerak.

Selain itu, yang perlu kita kenali adalah tentang diri dan lingkungan yang bisa dan tidak bisa kita kendalikan. Ada bebapa hal yang bisa kita perhatikan tentang apa yang bisa kita kendalikan dan apa yang tidak bisa kita kendalikan.  

  • Fokus pada apa yang bisa kita kendalikan, bukan sesuatu yang tak terjangkau. Pilah mana yang memang bisa kita feedback dan memberi dampak dan mana yang tidak. Tidak perlu membuang energi untuk sesuatu yang sia-sia. 

  • Pilih dan pilah untuk bersikap dan berkata yang baik. Kadang-kadang permasalahan tidak langsung harus direspon. Tunggu dulu agar bisa berfikir untuk bisa merespon dengan benar.


  • Untuk bisa produktif untuk bijak bersikap, jangan lupa tekan 'pause' button setelah mendapatkan stimulus. 

Re Charge kembali energi positif kita dan temukan semangat untuk menjadi ummat yang bermanfaat. 

Yang penasaran sama obrolan penuh semangat ini bisa ke sini ya



Kita akan tahu kekuatan kita ketika melakukan sesuatu berulang-ulang dan mencoba berbagai kegitan. Challange diri kita dengan belajar sepanjang waktu. 

_Catatan Belajar Venti_

Comments