Belajar pada Siapapun

Menjadi ibu adalah sebuah amanah besar yang bagi saya tidak mudah. Tidak cukup dengan bisa mengandung dan melahirkan saja, tapi juga harus bisa mendidik dan membimbingnya di jalan ridhoNya.

Saya tidak pernah segan untuk bertanya pada siapa pun tentang Cara mendidik anak. Saya tidak pernah segan untuk sharing dengan siapapun meski mungkin dia lebih muda dari saya. Sejak hamil, saya banyak bertanya dan belajar. Pada saudara, teman, sahabat, semua saya Tanya. 

Saat pindah ke rumah yang baru kami beli, saya punya seorang tetangga yang juga memiliki anak kecil. Umur si kecil setahun di bawah Nada. Pernah beberapa kali kami bertemu, tapi dia hanya membawanya pertanyaanku tanpa memberi respon kembali. Anaknya sudah setahun lebih tapi belum bisa berjalan. 

Saya jadi ingat saat dulu Gigi Nada tak kunjung tumbuh hingga hampir setahun. Semua temannya sudah punya Gigi, bahkan ada yang sudah banyak. Setiap bertemu orang yang sudah punya anak, saya Tanya kan. Di puskesmas, di posyandu dan setiap kesempatan ketemu temen yang udah punya anak pasti saya Tanya kan.

Si ibu baru itu entah pemalu atau memang enggan bertanya, dia bahkan tidak menanyakan pengalaman saya dan satu tetangga yang sudah memiliki anak yang lebih tua dari nya tentang keadaan anaknya. 

Saya rasa, inilah salah satu pelajaran menjadi ibu. Harus mau bertanya, mau belajar dan mau mengakui kelemahanku agar bisa mendidik anak dengan lebih baik. See aaa

Comments