Tips Puasa Seru Bersama Kiddos agar Tetap Semangat

Sebagai Ibu-Ibu, hal pertama yang selalu dipikirkan saat memasuki bulan Ramadhan adalah aktifitas anak-anak agar puasanya menjadi terasa menyenangkan selain menu tentunya. Berburu printable Ramadhan, Ibu juga harus konsisten menemaninya menjalani aktifitas yang sudah disepakati bersama. 



Berikut beberapa aktifitas yang bisa dilakukan agar kiddos jadi semangat menjalani Puasa

  • Menyiapkan printable yang seru kesukaan anak-anak (sebaiknya printable yang digunakan beragam dan berbeda setiap harinya agar anak tidak bosan dan dibuat  rahasia agar anak penasaran untuk membukanya di hari berikutnya)
  • Membaca Al Qur'an atau menghafal Surah Pendek dengan reward saat buka puasa. Hal ini akan menambah semangat anak-anak saat menghafal dan melupakan sejenak lapar dahaga yang dirasakan seharian karena sibuk menghafal. Reward yang diberikan dapat berupa makanan kesukaannya baik rahasia ataupun memperbolehkannya memilih apa yang dia mau beli dengan budget yang ditentukan sesuai pencapaian.
  • Memberi kesempatan anak-anak untuk memberi ide membuat takjil. Ini cukup membuat anaka-anak senang karena mereka bisa membuat apa yang mereka mau. Selain memberi kebebasan untuk memberi ide takjil kesukaan, mereka juga bisa belajar untuk berkreasi dengan menu takjil ide mereka sendiri. Takjil sederhana seperti es buah, es milo atau sejenisnya bisa membuat mereka makin semangat saat mengeksekusi.
  • Ikut kelas online yang seru menjelang berbuka puasa. Waktu menjelang berbuka puasa biasa menjadi waktu yang sangat membosankan untuk anak-anak. Saat orang tua sibuk mempersiapkan hidangan buka puasa, kelas online bisa menjadi alternatif pilihan agar ia ada kesibukan menunggu berbuka puasa. 
Selamat membersamai anak-anak berpuasa, Buibu.... Jangan lupa upgrade diri juga ya :)

_Cerita Venti_


Comments