Apa sih Rumah Perdaban itu???






Spanduk Rumah Peradaban yang terpasang di Musholla membuat orang banyak bertanya tentang Rumah Peradaban. Bahkan, setiap saya bercerita dengan teman-teman tentang kegiatan yang sedang saya lakukan, mereka menanyakan hal yang sama. 

Bahkan, ada yang bertanya 'Mengapa dinamakan Peradaban?'

Rumah Peradaban merupakan program dari sebuah komunitas yang mendalami siroh. Sebuah komunitas bernama Spirit Nabawiyah Community (SNC) yang sekarang seperti menjadi rumah kedua bagi saya karena saya diajak belajar banyak disini bersama teman-teman pejuang siroh se Indonesia. SNC merupakan sebuah komunitas yang bergerak di bidang literasi melalui buku siroh.

Komunitas ini mengajak membernya untuk memilih perannya di komunitas. SNC mengajak kita menjadi pejuang wakaf buku siroh, konsultan buku siroh atau pengelola Rumah Peradaban. Saya jelaskan satu persatu ya perannya

1. Pejuang Wakaf Buku Siroh

SNC menggalang wakaf uang dari wakiif untuk dikumpulkan kemudian dibelikan buku terbitan Sygma Daya Insani untuk bisa disalurkan kepada yayasan yang membutuhkan buku ini, tapi tidak mampu untuk membelinya. Latar belakang yayasan dan kesediaan untuk amanah menyampaikan buku wakaf menjadi point penting untuk menentukan sasaran wakaf buku. 

Selain kepada Lembaga, SNC er juga bisa mewakafkan ke Rumah Peradaban yang ada di seluruh Indonesia yang dikelola oleh SNCer.

2. Sygma Learning Consultant (SLC)

Peran ini merupakan konsultan buku siroh yang merupakan penjual buku terbitan Sygma Daya Insani yang merupakan penerbit buku siroh di bawah naungan Syamil Grup. Konsultant buku siroh ini merupakan penjual buku premium yang hampir semuanya buku yang diterbitkan adalah buku siroh.

Ada banyak buku yang diterbitkan oleh SDI yang mencakup usia dari anak usia dini bahkan hingga ilmu parenting untuk orang tua. Semua paket buku SDI berisi buku dan boardgame pendukung untuk bisa membuat anak-anak makin kreatif dan tidak bosan. Mengapa premium? selain kontentnya yang memang tidak bisa dianggap biasa saja, material kertas yang digunakan juga bagus sehingga tidak mudah sobek ataupun lecek. 
Berikut beberapa buku siroh terbitan SDI yang dapat dijual oleh SLC yaitu
- Paket Buku Wahana Bermain Anak Cerdas (WBAC) yang merupaakan paket buku yang dibuat berdasarkan dari Neurosains sehingga berisi buku dan boardgame yang cukup banyak. 
-  Paket Buku Ada Allah di Rumah Kami (AARK) yang ditulis oleh Utadzah Oki Setiana Dewi. Paket buku ini berupa Boarbook. 
- Paket Buku Ada Rosulullah di Rumah Kami (ARRK) yang ditulis oleh pakar parenting Abah Ihsan. Buku ini berupa Boardbook.
- Paket Buku Balita Berakhlak Mulia (BBM) yang berupa Boardbook mengenalkan sifat-sifat baik Rosulullah yang bisa dicontoh.
- Paket Buku Mengapa Islam Mengagumkan (MIM) yang menjawab pertanyaan anak seputar tauhid dan sains sederhana sebagai sarana mengenal Allah melalui ciptaanNya.
- Paket Buku Rasulullah Teladan Utama (RATU) yang merupakan kisah tentang Rosulullah dalam versi yang mudah dimengerti anak-anak karena bahasanya yang apik. 
-Paket Buku 24 Nabi dan Rosul (24 NR) yang berisi kisah lengkap 24 Nabi dan Rosul yang wajib diimani yang tentu gaya bahasanya mudah dipahami anak-anak.
- Paket Buku 64 Sahabat Teladan Utama (64 STU) yang bercerita tentang kisah sahaat Rosul yang perlu diteladani. Paket Buku ini diceritakan pula menggunakan komik. 
- Paket Buku Pintar Iman Islam (BPII) yang merupakan penjabaran Rukun Iman dan Rukun Islam yang dilengkapi dengan kisah pendek yang membuat lebih paham tentang konsep Rukun Iman dan Rukun Islam. 
- Paket Buku Muhammad Teladan Sepanjang Zaman (MUMTASZ) yang merupakan paket buku siroh nabawiyah lengkap dengan gaya bahasa yang ringan dan mudah dimengerti. 
- Parenting Rosulullah merupakan video parenting oleh Abah Ihsan yang mampu membuat orang tua kembali merefleksi dan belajar parenting Rosulullah. 
- Paket Buku Sains Qur'an yang menceritakan fakta Sains yang dihubungkan dengan tadabur ayat dalam Al Qur'an.


3. Pengelola Rumah Peradaban

Rumah Peradaban merupakan salah satu program dari SNC yang bergerak di bidang literasi. Pengelola Rumah Peradaban harus merupakan anggota SNC. Rumah Peradaban ini semacam perpusakaan buku siroh terbitan SDI yang sumber bukunya berasal dari wakaf buku siroh yang digalang oleh teman-teman SNC. 

Pengelola Rumah Peradaban wajib menyampaikan buku ini di lingkungan sekitarnya dengan minimal membuka rumahnya untuk anak-anak membaca buku siroh. Pengelola juga diberikan bantuan silabus RP untuk bisa menarik anak-anak agar tertarik membaca buku siroh dan memahami isinya. Secara berkala, pengelola mengirim laporan kegiatan sebagai pertanggungjawaban atas buku wakaf yang sudah diterimanya. 

Kegiatan Rumah Peradaban ada di Instagram Rumah Peradaban SNC. 



Rumah Peradaban adalah salah satu cara SNC untuk membuat anak-anak lebih dekat dengan siroh, anak-anak memiliki teladan nyata yang berakhlaq Al Qur'an dan diharapkan kelak menjadi generasi yang tangguh belajar dari sejarah Islam. 

Pengelola Rumah Peradaban bersedia menggunakan dana pribadi untuk operasional kegiatannya. Pengelola Rumah Peradaban juga diberikan akses sharing dengan pengelola RP lain untuk terus termotivasi dan berbagi ide kegiatan. 

Mau jadi pengelola RP? Gabung saja menjadi anggota SNC. yuk....

Bagi yang mau sharing, yuk bisa hubungi saya via whatsapp
wa.me/6281918339197

Venti, Pengelola RP Pagutan Matarm. 
_Catatan Venti_

Comments