Ojek Online di Lombok

Beberapa tahun belakangan ini, kota Mataram sudah sangat banyak perubahan. Semakin banyak pusat perbelanjaan dengan merebaknya beragam pilihan makanan dan juga munculnya banyak layanan tansportasi dan kirim barang berbasis daring. Ojek online bagi saya sangat membantu karena tidak banyak angkutan melewati banyak tempat seperti di Pulau Lombok ini. Saya yang masih suka menggunakan angkutan umum sedikit kerepotan kalau mau bepergian karena waktu itu belum punya kendaraa yang bisa saya pakai. Kendaraan yang ada dipakai suami jadi ojek online sangat membantu memenuhi kebutuhan bepergian dan beli makanan saat kepepet.

Berikut beberapa Ojek Online yang ada di kota Mataram dan sekitarnya 

1. Gojek

Ojek Online berbasis aplikasi ini sudah ada di Lombok sejak tahun 2017 sekitar pertengahan tahun menjadi salah satu solusi bagi beberapa orang yang sulit menemukan transportasi umum dan pendatang yang memang belum memiliki kendaraan pribadi. Layanan transportasi berbasis aplikasi ini menjadi pilihan banyak orang karena cepat, ramah dan pelayananya bagus. 

Meski sempat meluncurkan go clean, tapi harus kembali menutup layanan ini dan hanya menyisakan layanan transportasi dan antar pesanan saja. Mungkin belum banyak familiar dengan aplikasi ini yang akhirnya pihak penyedia layanan jasa ini menutup layanan ini.

2. Grab

Layanan yang sudah terkenal se Indonesia ini pun mulai ada di tahun yang sama dengan peluncuran Gojek di Mataram. Layanan berbasis aplikasi ini juga sekarang sudah ada di Lombok Timur juga. Oleh karena itu, banyak pedagang online yang memanfaatkannya untuk mengantar barang jualan mereka kepada customer dan lebih mudah mendapatkan ojek karena angkutan juga tidak menjangkau ke beberapa tempat yang agak jauh dari jalan utama. Angkutan yang terbatas membuat ojek online seperti ini menjadi solusi bagi mereka yang tidak memiliki kendaraan pribadi.

3. Dokar

                                                                sumber: instagram
 

Layanan transportasi berbasis daring ini merupakan hasil kreatifitas pemuda lokal Mataram. Aplikasi berjudul DoKar Jaman Now ini bisa diunduh di Play Store Smartphone kalian. Layanan ini juga menggunakan aplikasi untuk pemesanan transportasi, memesan makanan dan jasa antar barang.Harganya memang sedikit lebih murah dibanding layanan transportasi berskala nasional, tapi beberapa kali mengalami error karena terus mengadakan perbaikan. Meski demikian, aplikasi layanan ini sudah berangsur membaik dan lebih mudah digunakan.

Saat sedang gangguan atau saat waktu sholat jum,at, customer diberikan pesan permohonan maaf bila terjadi keterlambatan atau ketidaknyamanan karena sedang perbaikan aplikasi dan saat waktu sholat jum'at banyak driver yang sedang melaksanakan sholat jum'at sehingga responnya lambat. Aplikasi ini rajin melakukan pemberitahuan dan promo melalui aplikasi pesannya. Bedanya dengan dua aplikasi transportasi online berskala nasional yang sudah memiliki banyak fitur hingga bisa melakukan top up saldo di aplikasi, aplikasi ini belum bisa.Tidak ada sistem point juga di aplikasi ini untuk saat ini.

Selain itu, aplikasi Dokar ini memungkinkan driver untuk mengambil orderan lebih dari satu. Pernah saya dikabari drivernya kalau bersediakan menunggu karena sedang mengantar orderan di tempat yang tidak jauh dari tempat saya berada. Tinggal bagaimana komunikasi antara driver dan customer sehingga tidak ada yang merasa dirugikan atau kecewa karena menunggu lama. Banyak driver yang ramah dan amanah juga saat dimintai tolong untuk membelikan sesuatau.

4.Hi jack

                                sumber: instagram

Layanan antara barang di Mataram ini berbasis chat Whatsapp. Hi jack hanya melayani antar pesanan yang bisa diorder dengan menghubungi nomor 085238944641 atau 087863663160. Jasa untuk pengantaran ke seluruh area Mataram dipatok flat Rp 10.000,- dan bisa menalangi untuk pembelian sesuatu dengan ongkos jasa yang flat di area dalam kota Mataram dan sekitarnya. 

Ojek ini biasa juga digunakan oleh pedagang makanan online dengan tujuan pengiriman lebih dari satu. Dia juga bisa mengambil orderan lebih dari satu dalam satu waktu dengan arah yang sama. 

Kabarnya, jasa ini sudah ada di Lombok Timur juga beberapa bulan yang lalu. 

5. Onma (Ojek Online Mahasiswa)

 

sumber: instagram

Sesuai namanya, ojek online ini driver dan kurirnya adalah mahasiswa. Memberi penghasilan tambahan kepada mahasiswa untuk berlatih menghasilkan uang sendiri dengan fasilitas yang ada. Mereka juga bisa menyesuaikan jadwal mengambil orderan dengan jadwal kuliah mereka. Menggunakan jasa ini juga membantu mahasiswa untuk melakukan kegiatan lebih positif menambah tambahan penghasilan membantu biaya kuliah.

6. Master jek


 

Jasa transportasi dan kurir ini bisa diakses dengan aplikasi ataupun dengan whatsapp. Rate jasanya pun beragam sesuai jauh dekatnya. Meski tidak secepat menggunakan aplikasi yang realtime bisa mendapatkan kurir karena harus lewat admin terlebih dahulu ketika order melalui whatsapp, tapi ketika aplikasi gangguan, tetap bisa order dengan mengirim pesan lewat whatsaap.

7. Mataram Ojek

sumber: instagram

 

Semakin bermunculan banyak jasa kurir online ini karena banyaknya permintaan masyarakat dengan harga yang terjangkau. Beberapa jasa kurir dan ojek online memang memiliki selisih harga yang mungkin dianggap lumayan bagi beberapa orang. Jasa kurir dan ojek ini hanya ada di Mataram, sesuai dengan namanya. Bisa diakses dengan line atau whatsapp.

8. Fast courier

sumber: instagram

Jasa ini hanya melayani pengantaran dan jastip pembelian, tidak melayani transportasi. Jasa ini dinilai cukup cepat sesuai dengan namanya. Ada promo menarik bila sering mengikuti story Instagram penyelenggara jasa ini. Harganya pun bersaing dengan jasa pengantaran yang lain yang ada di Mataram.

9. Lombok Ojek

sumber: instagram  

 

Jasa ini sementara masih menggunakan pesan line dan whatsapp. Kabarnya akan segera dibuat aplikasi untuk memberikan pilihan yang lebih banyak bagi pengguna jasa untuk order. Meski tidak bisa diakses 24 jam, tapi harga dan kecepatan pengantaran tetap bersaing dengan jasa pengantaran yang laiinya. Memesan makanan dari rumah saja dan mengantarkan Anda kemana saja dengan tarif sesuai dengan jauh dekat area yang dilalui.


10. Jasa Online Kurir Mataram

sumber: facebook


Ini juga salah satu alternatif kalian yang ingin menggunakan jasa kurir yang bisa dipesan online. Harganya pun cukup murah untuk sekitaran Mataram. Kalian bisa menanyakan terlebih dahulu pada admin di nomor yang sudah tertera berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk menggunakan jasa pengantaran ini.


Nah, itulah 10 jasa transportasi dan pengantaran yang bisa dipesan secara online yang ada di Lombok. Paling banyak memang ada di kota Mataram karena memang mobilitasnya lebih tinggi dibanding daerah lain sebagai Ibukota Provinsi dan Pusat Pemerintahan. Banyak pendatang datang dari berbagai daerah untuk bekerja, dinas sementara dan juga berwisata yang singgah di kota ini. 

Banyaknya pilihan ini memungkinkan kalian untuk mendapatkan harga sesuai kantong. Biasanya, jasa yang sudah lingkup nasional lebih stabil aplikasinya, tidak sering gangguan dan lebih mudah diakses. Memiliki sistem point yang bisa ditukar dan banyak promo menarik yang dihadirkan di aplikasi. Tidak hanya untuk pengantaran dan transportasi, bahkan top up dana di aplikasi yang berskala nasional ini juga bisa digunakan sebagai alat pembelian token listrik dan pembayaran laiinya.

Berbeda dengan aplikasi berskala nasional, aplikasi lokal ataupun yang menggunakan whatsapp berskala lokal memiliki keunggulan daya saing dari segi harga. Meski lebih murah beberapa ribu, tapi dianggap menguntungkan bagi sebagian orang apalagi pedagang online yang dimudahkan dengan adanya jasa kurir daring ini. Ada beberapa yang memberikan promo melalui aplikasi, melalui social media ataupun pesan kepada pengguna setianya. Meski tidak dengan sistem poin, tapi ada saja promo yang ada di setiap jasa pengiriman dan transportasi.

Pernah ada kurir wanita dimana yang mempromosikan dirinya di facebook dengan kurirnya semua wanita. Namun, sudah tidak ada lagi sekarang. Selain itu, ada juga ojek muslimah bagi muslimah yang hanya ingin diantar oleh muslimah demi kenyamanan dan keamanan. Karena tidak banyak dan sering terlalu lama menunggu, jasa ini tidak terlalu populer. Hanya kalangan tertentu saja yang memang sangat membutuhkan jasa ini yang masih menggunakannya meski menunggu lama karena kepercayaan dan kenyamanan.

Silakan dipilih sesuai kebutuhan dan kemampuan Anda. Semoga bermanfaat :)

Comments