Wabah dan Hikmah

Sebuah wabah yang awalnya hanay ada di satu kota di sebuah negara, Wuhan, Cina, kini sudah menyebar sangat cepat di banyak negara. Banyak kota di beberapa negara melakukan lock down untuk menghentikan penyebaran virus yang sudah menjadi pandemi di dunia. Banyak orang ketakutan, ada yang cemas berlebihan, tapi ada juga yang masih bisa berfikir tenang dengan doa sebagai senjata. Tentu saja dibarengi dengan usaha yang maksimal dengan menjaga kebersihan dan meningkatkan sistem imun tubuh.

Covid 19 cukup membuat warga dunia heboh. Banyak petinggi negara yang terjangkit penyakit ini. Meskipun sampai saat ini, 17 Maret 2020 belum ada yang terjangkit di Pulau Lombok, tapi kami tetap waspada. Mengikuti himbauan untuk menghindari keramaian dan kerumunan. Berdiam diri di rumah dan menjaga kesehatan. Tidak ada yang tidak mungkin saat Allah sudah berkehendak.

Dibalik seluruh pandemi ini, ada banyak hikmah yang dapat dipetik. Membuat kita lebih dekat dengan keluarga karena bahkan dianjurkan untuk tidak banyak berkegiatan di luar rumah. Membuat orang tua memiliki waktu lebih dengan anak. Ada beberapa kantor yang memberi kebijakan untuk bisa bekerja dari rumah. Mereka yang bahkan hanya terkena flu dianjurkan untuk tidak masuk kantor. Semua menjadi serba dimudahkan untuk lebih banyak waktu di rumah.

Banyak pembayaran bisa dilakukan secara online, dianjurkan untuk melakukan pembayaran secara online. Selain itu, budaya berjabat tangan pun digantikan dengan menelungkupkan kedua telapak tangan seperti yang Islam ajarkan. Wudhu sebagai salah satu syarat terjaganya kebersihan umat muslim untuk melakukan ibadah menjadi sebuah cara untuk terhindar dari virus ini. Banyak syariat Islam yang sangat menguntungkan disaat seperti ini. Kami, muslim yang biasa melakukan wudhu untuk sholat lima waktu saja sudah sangat terjaga kebersihan. Apalagi mereka yang selalu menjaga kesucian dirinya dengan terus menjaga wudhu untuk terus bisa melakukan ibadah sunnah dan membaca Al Qur'an. MasyaAllah...

Inilah Islam yang sangat luar biasa menjaga kaumnya untuk tetap bersih dan sehat. Bahkan ada hadist yang jelas menyebutkan kalau Kebersihan adalah sebagian dari Iman.




Comments